ads

Minggu, 22 Juli 2007

SuKa DuKaNya WIKIPEDIA

Dalam sejarah, kampus Middlebury telah menegaskan sistematika penulisan dan juga diyakinkan bahwa telah banyak guru yang memberitahu muridnya: tidak ada lagi kutipan dari Wikipedia dalam paper penelitian dan ujian.
seorang profesor sejarah di kampus Vermont mengetahui adanya kesalahan referensi tentang Jesuit, keterlibatannya dalam pemberontakan Shimbara pada abad ke 17 di jepang lebih dari satu tes, profesor memperkirakan wikipedia yang menjadi sumbernya. Profesor, New York Times melaporkan, memiliki firasat, sejak dia mengetahui setahun yang lalu bahwa siswa sering mengutip dari Wikipedia dan memberitahu bahwa hal itu diperbolehkan oleh guru mereka. dia menemukan informasi yang salah dalam wikipedia dimana para muridnya juga menemukannya dan diisi dalam tesnya.
Departemen, secara bijak, tidak mengatakan untuk tidak menggunakan wikipedia. hanya mengatakan jangan mengutip referensi dari situs yang ditulis oleh sukarelawan dan subjek disalahkan ketika itu dijadikan sumber utama dalam paper atau tes. sangat beralasan tentunya.

Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, mengatakan hal yang sama. ketika dia mendapatkan kritikan dari siswa yang mendapat nilai buruk karena kesalahan kutip dari wikipedia, dia mengatakan (yang rata rata adalah mahasiswa), jangan mengutip ensiklopedi apapun sebagai referensi paper penelitian.
Wikipedia memiliki banyak sekali data, sangat sulit untuk meneliti ulang sebuah topik. dan faktanya adalah, seringkali sumbernya bagus. sebuah jurnal studi tentang alam pada Desember 2005 mengemukakan bahwa keakuratan wikipedia pada topik ilmu pengetahuan alam sangat dekat dengan keakuratan ensiklopedi Britanica yang pada kenyataannya sangat diperdebatkan oleh ensiklopedi Britanica. sementara itu beberapa Profesor perkuliahan memberikan peringatan kepada para mahasiswanya untuk menghindari wikipedia pada kutipan yang serius, majalah Times menghimbau diadakan proyek yang berkaitan dengan entri di Wikipedia.
jadi apa solusinya bagi siswa? menggunakan Wikipedia, tetap boleh tapi hanya sebagai titik awal. jangan terpaku pada wikipedia dan jangan mengutipnya sebagai sumber untuk sebuah paper penelitian dan memenuhi lembar jawaban tes, mungkin yang terbaik untuk menjawab soal tes adalah dengan materi kelas yang telah dicatat.

Tidak ada komentar: